top of page

Daftar Lengkap Materi Layar (Screen Materials) a la EO untuk Annual Meeting Perusahaan

Siapa nih yang kantornya akan segera annual meeting?


Siap-siap! In case diminta Pak Bos bikin materi layar untuk menyemarakkan annual meeting, mending Anda pelajari apa aja yang harus dibuat dari sekarang!


Tampilan static backdrop saat penandatanganan kerjasama energi Indonesia-Korea antara PT. Charlotte Zeno Indonesia dan LNG Korea, Co.Ltd. di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta oleh Seemore EO korporasi Jakarta EO korporasi Bandung

Oke, kita mulai dengan pertanyaan apa itu materi layar?

Dalam kamus per-event-an duniawi, materi layar atau screen materials adalah visual yang ditampilkan pada layar. Fungsinya bisa menjelaskan suatu kejadian atau menjadi penyemarak suasana.


Emang seberapa penting materi layar?

Anda pernah ikut seminar? Setiap pembicara biasanya akan menampilkan CV mereka di layar sebagai pengantar agar audiens mengenal mereka dan keahlian mereka. Disinilah pentingnya materi layar sebagai penjelas suatu kejadian. In this case, materi layarnya menjelaskan siapa si pembicara, apa keahliannya, dan membuat audiens makin yakin dengan kredibilitas si pembicara.


Di kesempatan lain, Anda pernah ikut konser? Sering lihat nggak kalau di belakang penampil sering ada layar LED dengan animasi beraneka warna yang bikin panggung jadi makin semarak? Animasi ini, disebut motion, adalah salah satu materi layar yang punya fungsi menyemarakkan suasana.


Jadi, kebayang kan seberapa penting materi layar?


Sekarang, kita bicara tentang implementasi materi layar dalam annual meeting perusahaan Anda.

Materi layar dapat berfungsi sebagai penjelas suatu kejadian, misalnya untuk mengenalkan BOD yang memberikan opening speech, dan sebagai penyemarak suasana, misalnya saat ice breaking atau awarding.


Ada dua jenis materi layar yang dapat Anda buat:

  • Static, berbentuk visual 2D yang bisa Anda buat di Canva, Adobe Photoshop, atau Adobe Illustrator. Ekstensi file-nya bisa berupa .jpg, .png, atau .pdf.

  • Motion, berbentuk visual bergerak yang umumnya Anda buat di Canva, CapCut, Adobe After Effect, atau Adobe Premiere. Ekstensi file-nya bisa berupa .mp4, .mov, atau .gif.

Bergantung kebutuhan, Anda dapat mengombinasikan keduanya untuk menciptakan kesan ragam yang tidak membosankan:

  • Static bisa digunakan saat Anda perlu menampilkan info yang perlu dipahami pembaca.

  • Motion bisa digunakan saat Anda ingin menarik perhatian audiens atau menyegarkan mood audiens.


Jadi, apa saja materi layar yang Anda harus buat untuk annual meeting?

Diurutkan dari awal mula acara, secara umum, inilah daftar materi layar yang perlu Anda buat untuk annual meeting Anda:

  • Static rules announcement, menampilkan aturan acara dan, jika ada, safety induction dari venue.

  • Static seating arrangement, menampilkan layout posisi duduk (jika ada)

  • Motion bumper opening, menampilkan info nama acara, logo, dan waktu berlangsung. Bisa dikombinasikan dengan count down atau company profile dan backsound penuh semangat atau orkestra untuk menciptakan efek dramatis. Putar pada saat acara dibuka, dalam keadaan lampu mati atau remang.

  • Motion lirik lagu Indonesia Raya. Seemore sarankan Anda untuk download di YouTube saja daripada bikin sendiri.

  • Static backdrop, menampilkan info nama acara, logo, dan waktu berlangsung. Bisa dibilang, ini versi 2D dari motion bumper. Tampilkan saat MC naik panggung.

  • Motion background speech, menampilkan foto, nama, dan jabatan mereka yang memberikan sambutan. Tampilkan sesaat setelah MC memanggil pemberi sambutan ke atas panggung untuk menemani saat mereka berjalan naik ke atas panggung.

  • Static presentation slides, isinya disesuaikan dengan apa yang akan dipresentasikan dari setiap pemateri. Anda bisa meminta setiap pemateri membuat materinya sendiri, lalu menyeragamkan desainnya agar tampak selaras dengan tema acara.

  • Motion background session, menampilkan informasi mengenai sesi acara. Tampilkan setelah MC mengumumkan pergantian sesi, sebagai penarik perhatian sekaligus info bahwa peserta akan memasuki sesi baru.

  • Static break announcement, menampilkan informasi waktu istirahat, penunjuk arah menuju buffet makanan atau rumah ibadah, dan (jika perlu) durasi.

  • Motion bumper closing, menampilkan quotes tentang acara, (jika ada) rangkuman momen-momen acara, dan (jika perlu) ucapan terima kasih atas kehadiran peserta.


Pusing?

Banyak bener?

Tenang, ada solusi paling mudah: kontak Seemore Event Organizer.


Berpengalaman menangani berbagai annual meeting dan tipe acara korporasi lain, kami punya in house designer yang siap membantu Anda membuat materi layar yang informatif, indah dipandang, serta sesuai dengan key visual perusahaan. Kami juga memiliki operator visual berpengalaman yang didukung oleh gawai mumpuni untuk memastikan materi layar Anda tertampilkan dengan sempurna.


Soal harga? No worries!

Konsultasikan dulu dengan event specialist Seemore: bayangan konsep acara seperti apa, do's and don'ts, serta batas atas anggaran yang barangkali sudah ditentukan perusahaan. Lalu, biarkan event specialist Seemore bekerja memberikan Anda penawaran terbaik sesuai kebutuhan, konsep, dan budget Anda!


Konsultasinya GRATIS, dan BOLEH REVISI sampai cocok.


Dengan pengalaman Seemore Event Organizer sebagai EO korporasi di Jakarta dan EO korporasi di Bandung serta jaringan luas di berbagai kota dengan vendor-vendor profesional, kami siap membantu Anda untuk #SeemoreHappiness di annual meeting atau event korporasi lainnya!



Seemore Event Organizer

EO korporasi di Jakarta dan Bandung yang bisa custom sesuai konsep maupun budget.

Siap bantu Anda #SeemoreHappiness in every event tanpa perlu pening dan puyeng!

 
 
 

Comments


SEEMORE EVENT ORGANIZER

PT. Melihat Lebih Bahagia

(MLB Group: Seemore EO, ARSANA Wedding, Bahtera Production)

Seemore EO (MLB Group) Jakarta Branch

Nucira Building. MT Haryono Street No. 27, Tebet, South Jakarta. 12820

Seemore EO (MLB Group) Bandung Branch

Graha Padalarang Indah. Safir II Street No. 7, Padalarang, West Bandung. 40553.

  • Google Places
  • Instagram
  • YouTube

Contact Us

Seemore Event Organizer Crew 2_edited.pn
Seemore Event Organizer Crew.png
bottom of page